Pedoman Umum Trading

Rencanakan trading Anda dan trading dengan rencana Anda: Anda harus memiliki rencana trading untuk berhasil. Sebuah rencana trading harus terdiri dari posisi, mengapa Anda masuk, point stop loss, exit target, ditambah strategi manajemen uang yang kuat. Sebuah rencana yang baik akan menghapus semua emosi dari perdagangan Anda.

Trend adalah teman Anda: Jangan melawan tren. Ketika pasar bullish, buka posisi long. Sebaliknya, jika pasar bearish, buka posisi short. Jangan pernah melawan trend.

Fokus pada penjagaan modal: Ini adalah langkah yang paling penting yang harus Anda ambil ketika berhubungan dengan modal trading Anda. Tujuan utama Anda adalah untuk melestarikan modal. Jangan trading lebih dari 10% dari deposit Anda dalam perdagangan tunggal. Misalnya, jika total deposit Anda adalah $10.000, setiap trading harus dibatasi menjadi $1000. Jika tidak melakukan ini, Anda akan keluar dari pasar dalam waktu singkat.

Tahu kapan harus memotong kerugian: Jika trading bertentangan dengan Anda, jual dan biarkanlah. Jangan bersikukuh pada trading yang buruk dan berharap bahwa harga akan naik. Kemungkinan besar Anda akhirnya kehilangan lebih banyak uang. Sebelum Anda membuka transaksi, tetapkan harga stop loss Anda, harga dimana Anda harus menjual saat perdagangan berubah kurang menguntungkan. Hal ini tergantung pada profil resiko Anda berapa banyak Anda harus menetapkan stop loss.

Ambil keuntungan saat trading baik: Sebelum memasukkan transaksi tetapkan berapa banyak keuntungan yang ingin Anda ambil. Ketika trading ternyata menjadi baik, ambil keuntungan. Anda dapat mengambil semua keuntungan atau mengambil keuntungan secara bertahap. Bila Anda telah mendapatkan biaya trading Anda, Anda tidak akan rugi. Duduk diam dan perhatikan pergerakan keuntungan.

Tanpa Emosi: Dua emosi terbesar dalam trading: keserakahan dan ketakutan. Jangan biarkan keserakahan dan ketakutan mempengaruhi trading Anda. Trading adalah proses mekanis dan itu bukan untuk yang emosional. Seperti yang dikatakan Dr. Alexander Elder dalam bukunya “Trading For Living”, jika Anda duduk di samping seorang trader yang sukses dan mengamatinya, Anda mungkin tidak dapat memberi tahu apakah dia menghasilkan atau kehilangan uang. Itulah kestabilan emosi trader yang sukses.

Jangan berdagang berdasarkan tips dari orang lain: Tradinglah hanya bila Anda telah melakukan penelitian Anda sendiri. Jadilah seorang trader yang punya pemahaman.

Membuat jurnal trading: Ketika Anda membeli instrumen pasar, tuliskan alasan mengapa Anda membeli dan perasaan Anda saat itu. Lakukan hal yang sama ketika Anda menjual. Analisa dan tuliskan kesalahan yang Anda buat, serta hal-hal yang telah Anda lakukan dengan benar. Dengan mengacu pada jurnal trading, Anda belajar dari kesalahan masa lalu Anda. Memperbaiki kesalahan-kesalahan Anda, terus belajar dan terus tingkatkan.

Jika ragu, jangan trading: Bila Anda memiliki keraguan dan tidak yakin kemana tren market, tetaplah diluar. Kadang-kadang, tidak melakukan apa-apa adalah hal terbaik untuk dilakukan.

Jangan overtrade: Idealnya Anda harus memiliki 3-5 posisi pada suatu waktu. Tidak lebih dari itu. Jika Anda memiliki terlalu banyak posisi, Anda akan cenderung diluar kendali dan membuat keputusan emosional ketika ada perubahan di pasar. Jangan berdagang untuk kepentingan perdagangan.

Tags:

Pedoman forex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *